by

5 Tips Belanja Tiket Secara Online yang Lebih Aman

Salah satu kelebihan belanja online adalah soal kenyamanan. Dimana, kenyamanan ini merupakan alasan yang sangat penting kenapa belanja online di e-commerce ini baik dan banyak diminati oleh banyak orang, karena anda tidak perlu lagi berusah payah untuk keluar rumah pergi ke toko konvensional untuk mendapatkan barang yang ingin anda beli. Karena dengan berbelanja secara online anda hanya cukup menggunakan smartphone/gadget yang terhubung dengan internet dari rumah dan melakukan transaksi serta barang akan dikirim langsung ke rumah anda.  Walaupun belanja online ini banyak kelebihannya, namun anda harus tetap hati-hati karena sekarang ini banyak toko online nakal yang menjual barang palsu atau penipuan. Untuk mengatasi hal tersebut, dalam kesempatan kali ini akan memberikan 5 tips belanja online tiket kereta Jakarta malang yang lebih aman sebagai berikut :

  1. Manfaatkan Kartu Kredit Anda

Kartu kredit bisa menjadi cara belanja secara online yang lebih aman, karena kartu kredit ini memiliki batas pengeluaran, sedangkan kartu debit akan secara langsung terkait dengan akun bank anda. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit dengan limit kredit yang rendah khusus untuk digunakan dalam belanja online anda. Selain itu, ada beberapa bank sekarang ini menawarkan kartu kredit ‘penggunaan satu kali’ atau ‘virtual’ kartu kredit yang dirancang khusus untuk aktivitas belanja online. Mudahkan?

  1. Pilih Toko Online Yang Sudah Terkenal dan Terpercaya

Dalam berbelanja online, sebaiknya anda memilih berbelanja di e-commerce / toko online yang sudah ternama dan terpercaya. Selain itu, anda juga jangan pernah tergoda dengan harga yang lebih murah yang tidak wajar yang ditawarkan oleh situs e-commerce yang kurang bisa dipercaya atau orang-orang yang menawarkan barang melalui akun media sosial seperti Facebook atau Instagram, dan bertanyalah pada forum-forum atau pada teman anda yang lebih berpengalaman soal belanja online di e-commrece tersebut sebelum transaksi.

Perlu diketahui, bahwa hal yang paling aman adalah dengan berbelanja melalui marketplace yang sudah ternama dimana mereka menggunakan sistem pembayaran menggunakan rekening bersama yang mana dana anda akan di tahan oleh pihak marketplace dan baru diserahkan pada penjual ketika barang sudah anda terima dan sesuai. Karena apbila barang tidak sampai atau tidak sesuai dengan pesanan, maka anda bisa melakukan retur dan dana akan dikembalikan pada akun anda. Selain itu, kelebihan belanja di marketplace adalah adanya ulasan dari para pembeli lain dan peringkat penjual. Sehingga anda bisa melihat ulasan dari pembeli lain untuk mengetahui apakah penjual bisa dipercaya, kualitas barang yang dijual, dan kecepatan pengiriman.

  1. Perhatikan Sistem Pembayaran

Dalam hal ini, pembayaran dilakukan biasanya dengan menggunakan kartu kredit, melalui ATM, atau melalui gerai retail modern. Dengan kartu kredit, anda akan memiliki bukti kuat jika anda sudah melakukan transaksi dan kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan. Akan tetapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem PayPal, Transfer Kirim, atau Cash On Delivery (COD).

  1. Cek Harga Total Belanja Anda

Harga barang, ongkos bungkus, plus ongkos kirim biasanya ada diskonnya. Jadi, bandingkan harga total dari suatu situs web dengan situs web lainnya.

  1. Simpan Bukti Transaksi Belanja Anda

Tips belanja online yang lebih aman terakhir adalah simpan bukti transaksi belanja anda, termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail yang telah dikirim antara anda dengan penjual.

Itulah 5 tips belanja online yang lebih aman, semoga ada manfaatnya khususnya bagi anda yang suka belanja online.

News Feed