5 Tips Jual Beli Mobil Baru Toyota untuk Pemula

Otomotif10 views

Bagi seorang pemula yang baru saja mahir mengemudi mobil, pasti akan sedikit kebingungan memilih mobil jika tidak mengetahui spesifikasi mobil yang cocok untuk dikemudikan. Pemula biasanya akan melakukan jual beli mobil baru yang mudah untuk digunakan serta harga yang terjangkau.

Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan beberapa tips atau pengetahuan bagaimana cara membeli mobil yang benar bagi pemula yang baru mengenal mobil. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Tips Jual Beli Mobil Baru Toyota untuk Pemula

1. Mengutamakan Keamanan Mengemudi

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah keamanan saat mengemudikan mobil. Bagi seorang pemula, di awal-awal membawa mobil akan rentan membuat kesalahan saat berkendara dan bisa saja menimbulkan kerugian. Jadi untuk meningkatkan keamanan, pilihlah mobil yang dilengkapi fasilitas keamanan.

Fasilitas keamanan yang biasanya disediakan di dalam mobil adalah seatbelt dan airbags. Selain itu juga dibutuhkan mobil dengan fitur yang bisa mengatasi keadaan darurat seperti rem Anti-Lock Braking System, Vehicle Stability Control, dan Hill Start Assist.

2. Kenali Jarak Pandang Pengemudi

Jarak pandang yang dimiliki oleh pengemudi juga sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Masalah jarak pandang biasanya muncul saat memarkir mobil. Untuk itu pilihlah mobil yang mempunyai sensor kamera tambahan untuk memarkir mobil

Kemudian pastikan posisi duduk sesuai dengan kenyamanan jarak pandang agar sewaktu mengemudi tidak terjadi masalah.

3. Kemudahan Mengemudi

Pilihlah mobil yang mudah untuk digunakan. Sebagai seorang pemula, tentunya akan merasa canggung apabila belum terbiasa membawa mobil. Untuk itu sangat disarankan memilih mobil yang mudah digunakan seperti mobil yang mempunyai fitur Electronic Power Steering.

Selain itu, juga disarankan untuk membeli mobil dengan pengaturan sederhana sehingga dapat memudahkan adaptasi saat menggunakan mobil

4. Perhatikan Ukuran Mobil

Ukuran mobil juga akan mempengaruhi kenyamanan pemula saat berkendara. Sebagai pemula, disarankan untuk membeli mobil dengan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga mudah untuk mengatur jarak pandang ke sekitar mobil.

Jika sudah terbiasa, maka bisa dicobakan untuk membawa mobil dengan ukuran yang lebih besar. Mobil dengan ukuran sedang yang bisa digunakan oleh pemula, seperti Toyota Agya dan Toyota Yaris.

5. Harga dan Model Mobil

Selanjutnya perhatikan harga mobil dan model mobil yang akan digunakan. Disarankan untuk membeli mobil dengan harga yang murah dengan model mobil yang tak kalah menarik. Karena desain mobil yang digunakan juga akan memberikan kenyamanan untuk mengemudikannya.

Selain itu, juga harus cermat menilai spesifikasi dari model mobil yang dipilih. Apakah sesuai dengan harga mobil atau tidak. Ini merupakan poin penting saat membeli mobil bagi pemula. Sesuaikan mobil yang dibeli dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Berikut ini beberapa rekomendasi dan perkiraan harga mobil Toyota yang bisa digunakan untuk pemula:

Merk Mobil ToyotaHarga per Unit (Rp)
Toyota Agya155.500.000
Toyota Etios Valco170.000.000
Toyota Yaris250.000.000
Toyota Calya174.000.000
Toyota Avanza260.000.000
Toyota New Vios293.700.000
Toyota Raize232.400.000
Toyota Rush278.800.000
Toyota Sienta322.100.000

Untuk mengakses informasi mengenai harga dan spesifikasi mobil Toyota lainnya bisa dilihat melalui situs SEVA yang merupakan platform jual beli mobil online yang dilengkapi fitur Instant Approval. Jadi akan lebih mudah mendapatkan informasi jual beli mobil Toyota lainnya.

Pengetahuan mengenai tips ataupun cara jual beli mobil bagi pemula sangat dibutuhkan. Ini berguna untuk menghindari risiko yang terjadi saat mengemudikan mobil. Pemilihan mobil yang sesuai untuk pemula akan sangat membantu untuk mengurangi risiko yang terjadi.