Cara menghilangkan plak gigi plak adalah lapisan halus bakteri lengket yang menumpuk pada gigi, gusi, lidah, dan gigi palsu. Jika lapisan plak bercampur dengan mineral dari air liur, maka plak mengeras menjadi zat putih berkapur yang di sebut karang. Hal ini lah yang menciptakan berkembang biak bagi bakteri mulut yang memakan gula dati makanan yang anda konsumsi. Namun ada beberapa yang memicu penumpukan plak antara lain kebersihan mulut yang tidak di jaga dengan baik. Kunci utama mencegah penumpukan plak dan karang gigi adalah menjaga kebersihan mulut anda. Dan berikut ada 10 cara untuk menghilangkan plak gigi dan karang gigi.

Cara Menghilangkan Plak Gigi Menggunakan Bahan Alami

Jambu biji

Menurut penelitian tahun 2014 buah maupun daun jambu biji bisa di manfaatkan sebagai anti-plak. Jambu biji juga sangat baik untuk menghilangkan plak gigi yang menumpuk dan jambu biji juga mengurangi lengket pada plak gigi.

Lidah buaya

Lidah buaya sangat efektif untung menghilangkan plak gigi dan karang gigi. Lidah buaya juga mampu membunuh bakteri penyebab plak dan juga bisa di manfaatkan untuk mengatasi bau mulut. Menurut penelitian tahun 2014 lidah buaya mampu memberikan efek serupa pada plak dan penyakit gusi di bandingkan dengan obat kumur.

Baking soda

Baking soda adalah bahan alami lain untuk menghilangkan plak pada gigi. Baking soda juga mampu menetralkan asam pada mulut, sehingga bisa mengurangi bakteri pada mulut. Menurut penelitian tahun 2008 baking soda lebih efektif menghilangkan plak gigi dibandingkan produk non baking soda.

Teh hitam

Berkumur dengan teh hitam mampu mengendalikan bakteri mulut dan membantu mengurangi pembentukan pallk gigi. Mineral fluorida yang ada pada the hitam membantu mencegah kerusakan gigi dan mampu mengurangi bakteri mulut.

Oil pulling

Oil piling adalah teknik lama untuk menjaga kesehatan mulut dan mampu menghilangkan plak gigi. Oil pulling dengan minyak kelapa adalah cara efektif untuk mengurangi plak gigi

Cuka putih

Cuka putih yang mengandung asam asetat dapat mencegah juga mengurangi penumpukan plak, cuka juga memiliki sifat antibakteri. Cuka juga memperlihatkan bahwa sejumlah besar pelarutan plak keras terjadi pada penggunaan cuka (4 persen asam asetat).

Kulit jeruk

Banyak sekali kulit jeruk di gunakan untuk bahan pemutihan gigi untuk menghilangkan noda pada gigi. Kulit jeruk juga mampu menghilangkan plak gigi karena mengandung limonene yang mampu memecahkan plak tanpa mengikis email gigi.

Cengkeh

Sejak dulu cengkeh sudah banyak di gunakan sebagai obat sakit gigi. Cengkeh juga bisa di manfaatkan untuk menghilangkan karang gigi karena bisa mengatasi penyebab plak dan karang gigi. Menurut penelitian cengkeh menunjukkan obat kumur herbal yang sangat efektif digunakan sebagai anti-plak dan anti-gingivitis.

Keju

Keju mampu membantu produksi air liur yang menetralkan asam plak serta membantu menciptakan lapisan perlindungan di sekitar gigi. Keju juga memperlihatkan bahwa tidak ada gula tambahan sehingga dapat mencegah karies pada gigi dengan meningkatkan konsentrasi pada plak gigi.

Minyak esensial rosmarin

Minyak ini bekerja untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut. Bahan alami tersebut bisa kita gunakan untuk mencegah penumpukan plak gigi, gigi berlubang, dan membantu menyingkirkan bau mulut membandel.
Itulah 10 bahan alami untuk menghilangkan karang gigi atau plak gigi secara medis. Di samping anda mengupayakan menghilangkan plak gigi anda juga harus menjaga kebersihan mulut dan kesehatan. Gosok gigi secara teratur dan dengan benar