by

Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya, Ternyata Tidak Sulit!

-Teknologi-38 views

Seiring perkembangan teknologi, ada banyak jenis TV yang memiliki fitur canggih dan semakin meningkatkan pengalaman kita kala menonton. Salah satu jenis TV yang diminati yaitu TV LED atau LED TV.

LED adalah singkatan dari light-emitting diode, dan ini merupakan lampu latar beberapa TV. LED berada di belakang layar (ini disebut full array) atau di tepi layar (dikenal sebagai edge-lit).

Bikin ganggu, ini dia cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya.  TV adalah salah satu sumber hiburan yang paling digemari masyarakat Indonesia. Melalui televisi, kita dapat menyaksikan artis kesayangan kita melalui beragam program andalan. Namun bagaimana jika layar televisi tiba-tiba mati?

Mungkin di awal anda mengira hal tersebut terjadi lantaran timer televisi menyala. Namun ternyata suara televisi masih terdengar dengan jelas. Nah ini mungkin berarti ada masalah yang harus ditemukan pada televisi anda. Kejadian layar mati seperti ini bisa disebabkan oleh bermacam sebab. 

Namun yang diketahui kasus seperti ini paling sering terjadi pada TV LED Namun tak perlu khawatir, ternyata permasalahan ini masih bisa diatasi dengan mudah.  Sebelum mengetahui cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya, ada baiknya anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu yang di rekomendasikan https://biggu.com

1. Backlight Mati

Lampu backlight terdapat pada bagian panel belakang LCD yang dirangkai secara seri. Dengan rangkaian listrik seperti itu, jika ada satu lampu mati maka semuanya akan ikut mati. Hal tersebut dapat menyebabkan panel tak dapat mendapatkan penerangan dan membuat TV menjadi gelap. 

Untuk memastikannya, anda perlu melihat bagian belakang TV menggunakan senter untuk memastikan backlight atau tidak. Ketika disenter, jika mengalami backlight, maka akan ada terlihat gambar atau titik-titik raster. Jika sudah pasti, siapkan multitester bongkar lalu belakang panel LED dan ikuti tahapan ini: 

1. Ukur masing-masing lampu backlight pada TV

2. Pastikan probe berwarna merah ke (+) dan probe berwarna hitam ke (-)

3. Ganti lampu backlight yang mati atau lebih disarankan ganti semua lampu agar backlight lebih tahan lama. 

4. Anda harus pastikan lampu yang digunakan untuk menggantikan memiliki volt yang sama.  

2. Masalah Pada T-Con

Cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya yang ada masalah pada T-Con harus ditelusuri. T-Con pada televisi memiliki fungsi sebagai penyalur tegangan ke panel.  Beragam masalahnya bisa bermacam-macam seperti supply tegangan tak cukup, konektor putus, atau pun rusak dan harus diganti. 

Salah satu cara memastikannya adalah dengan menyentuh IC utama di T-Con apakah panas atau tidak.  Jika panasnya tinggi, bisa dicurigai permasalahan ada di komponen sekitar IC yang sudah rusak. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain jika TV tidak ada gambarnya adalah sebagai berikut. 

1. Pastikan tegangan di power supply normal. 

2. Cek juga tegangan pada output driver LED.

3. Jika tegangannya menunjukkan angka nol, ada kemungkinan anda harus mengganti IC drivernya. 

4. Pastikan benar-banar layar mati bukan karena konektor kurang tertancap. 

Itulah dia tadi cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya.