by

Cara Tepat Menggunakan Masker Kain untuk Melindungi Diri dari Virus Corona

Wabah virus Corona yang belakangan ini cukup menggemparkan dunia memang termasuk kondisi yang tidak boleh diremehkan. Mengingat semakin kesini jika dilihat kian banyak orang yang terdampak. Tak sekedar menyebabkan gangguan pernapasan saja, melainkan penyakit tersebut menyebabkan banyak orang yang meninggal dunia, karena tidak mendapatkan pengobatan atau penanganan secara tepat. Sehingga patut untuk benar-bear diwaspadai. Kita semua sebenarnya memiliki peran yang sangat penting di dalam memeranginya.

Karena berbagai macam upaya memang tengah dilakukan oleh pemerintah, namun jika seandainya tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat sendiri untuk menerapkannya, tentunya akan sangat sulit. Karena virus tersebut akan terus menular dari satu orang ke orang lainnya tanpa disadari. Apalagi ada banyak sekali kasus dimana penderitanya tidak merasakan gejala sama sekali, padahal terpapar. Kondisi semacam ini bisa disebabkan karena memang sistem kekebalan tubuh kuat, jadi membuat mereka tidak mengalami infeksi lanjutan yang parah. Namun tetap berpotensi untuk menularkan kepada orang lain.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari infeksi virus Corona ini adalah dengan menggunakan masker. Hanya saja memang jika dilihat belakangan ini masker mengalami kelangkaan, khususnya adalah masker medis, dimana pemerintah sendiri lebih menghimbau kepada masyarakatnya untuk menggunakan masker kain. Sebenarnya akan tetap efektif asalkan Anda menerapkan beberapa hal ini dalam pemakaiannya, yaitu:

  1. Gunakan jenis masker kain 3 lapis, faktanya jika melihat jenis dari masker kain ini banyak sekali, tak jarang yang asal-asalan di dalam pembuatannya, asalkan dalam bentuk masker saja sudah cukup dipakai. Padahal belum tentu sesuai dengan standard medis untuk cegah penyakit. Jadi usahakan jika membeli maka belilah jenis masker kain 3 lapis yang memang memperkecil kemungkinan resiko penularan virus tersebut.
  2. Gunakan tak lebih dari 4 jam, pemakaian masker kain ini ada baiknya tidak lebih dari 4 jam, karena jika lebih dari itu tetap ada kemungkinan nantinya virus masih bisa masuk kedalam hidung. Untuk itu setelah pemakaian tak lebih dari 4 jam ini sangat dianjurkan untuk langsung mencucinya menggunakan air panas dan detergen untuk membunuh virus yang menempel.
  3. Upayakan untuk tidak menyentuh bagian dalam masker tersebut menggunakan tangan, karena sama saja jika seandainya Anda masih menyentuh area dalam memakai tangan kemungkinan tetap ada virus yang menempel disana dari tangan yang kotor. Sehingga ketika memakainya, sebaiknya hanya menyentuh bagian talinya saja untuk dipasangkan.
  4. Segera cuci menggunakan air panas selepas digunakan, penting juga untuk menjaga kebersihan dari masker tersebut, jika seandainya ingin cegah penularan virus maka upayakan mencuci memakai air panas dengan suhu tinggi, karena efektif di dalam membunuh virus penyebab penyakit.
  5. Tetap jaga jarak dengan orang lain, apalagi orang yang menunjukkan gejala sedang sakit, , meskipun Anda memakai masker, namun sebenarnya tidak sepenuhnya aman dari resiko terserang Covid 19 ini, untuk itu usahakan untuk tetap menjaga jarak dengan orang lain yang ada di sekitar Anda, apalagi yang menunjukkan gejala terkena penyakit.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemakaian masker kain untuk cegah Corona. Upaya pencegah lainnya tetap dengan menerapkan physical distancing sampai dengan kebiasaan-kebiasaan bersih seperti mencuci tangan menggunakan sabun. Temukan beragam informasi terbaru lainnya yang berkaitan dengan virus Corona ini secara mudah lewat aplikasi Halodoc.

News Feed