Dewasa ini dengan kecanggihan teknologi, semua bisa dilakukan dengan lebih mudah. Salah satunya yaitu ketika membeli tiket pesawat, saat ini Anda bisa memesannya secara online. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membeli tiket secara online, salah satunya yaitu bisa mendapatkan tiket promo pesawat dengan berbagai tujuan.

Selain Anda bisa membeli tiket secara online, Anda juga bisa membeli tiket pesawat melalui minimarket. Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memesan tiket pesawat yang tersedia saat ini, memang sangat membantu penumpang. Bahkan, dengan memesan tiket pesawat secara online, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan seperti bisa memilih jadwal keberangkatan, maskapai penerbangan, dan harga yang sesuai dengan keinginan Anda.

Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai maskapai yang ada di Indonesia serta cara memesan tiket secara online. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Maskapai Penerbangan Indonesia

Di Indonesia, memang tersedia banyak maskapai penerbangan yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Setiap maskapai, pastinya memiliki kelebihan masing-masing. Nah, agar Anda tidak salah memilih maskapai, baca kelebihan 6 maskapai di indonesia berikut ini:

  1. Garuda Indonesia

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Garuda Indonesia merupakan maskapai nasional dan terbesar di Indonesia. Maskapai Garuda Indonesia mulai didirikan sejak tahun 1949 dan langsung bisa membangun reputasi terbaik untuk memberikan tingkat pelayanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan penerbangan yang ada di Indonesia lainnya. Konsep baru yang dihadirkan dari perusahaan maskapai ini yaitu mencakup aspek budaya Indonesia, masakan dan perhotelan.

  1. Citilink

Citilink merupakan perusahaan maskapai yang masih dibawah perusahaan Garuda Indonesia. Meskipun begitu, tarif maskapai Citilink ini terbilang lebih rendah dan menyediakan layanan antar jemput di beberapa kota khusus yang ada di Indonesia. Rencana bisnis baru dari maskapai Citilink yaitu menambah armada hingga 40 pesawat. Selain itu, keuntungan menggunakan maskapai Citilink yaitu salah satu maskapai daerah dengan biaya yang terbilang rendah.

  1. Lion air

Pastinya kita sudah tidak asing dengan maskapai yang satu ini. Ya, Lion Air merupakan maskapai swasta terbesar yang ada di Indonesia. maskapai ini berpusat di Jakarta. Meski memiliki struktur harga yang fleksibel, Lion Air menjadi bagian populer karene keagresifannya.

Bahkan, saat ini maskapai Lion Air sudah  memiliki 60 armada. Kelebihan dari Armada Lion Air  yaitu bisa melayani penerbangan sampai 3300 dalam waktu seminggu. Untuk 36 tujuan, baik untuk  tujuan domestik dan tujuan internasional.

  1. Wings Air

Wings Air atau Wings Abadi Arlines merupakan anak pertama dari perusahaan maskapai Lion Air. Pusat operasi maskapai ini yaitu berada di Jakarta. Perlu kita ketahui, bahwa Wings Air ini didirikan oleh Lion Air pada tahun 2003. Pada awal tahun tersebut, Wings Air ini masih beroperasi pada rute yang lebih pendek atau kurang populer, karena masih menggunakan pesawat lebih kecil yaitu ATR72-500.

Untuk sistem pemesanan dan kode pemesanan, Wings Air masih sama seperti Lion Air. Kebanyakan sudut pandang penumpang tidak mempermasalahkan perbedaan antara kedua maskapai penerbangan tersebut.

  1. Batik air

Selain Wings Air, Batik air juga merupakan anak perusahaan dari Lion Air. Yang mana Batik Air ini merupakan maskapai penerbangan jarak jauh dengan layanan penuh. Selain itu, maskapai penerbangan  ini dirancang untuk memberikan layanan premium untuk memenuhi permintaan penumpang kelas menengah sampai kelas atas.

Batik Air termasuk maskapai penerbangan ketiga yang lahir dari Lion Air Group. Batik Air beroperasi di Manado, Sulawesi, Indonesia.

  1. Nam air

Tepatnya, pada tahun 2013 maskapai penerbangan NAM Air didirikan. Maskapai penerbangan yang satu ini merupakan anak perusahaan dari Sriwijaya Air. Maskapai penerbangan ini masuk ke dalam kelas medium. Maskapai penerbangan ini mengoperasikan pesawat Boeing 737-500 Winglet, yang tersedia 120 kursi dengan pembagian 8 kelas bisnis dan 112 untuk kelas ekonomi. Selain itu, tersedia juga di pesawat ATR 72-600 \72 kursi untuk kelas ekonomi.

Cara Membeli Tiket Pesawat Secara Online

Dari sekian banyak maskapai penerbangan di Indonesia, sebagian besar memiliki situs webs resmi untuk melayani pembelian tiket secara online. Maskapai yang menyediakan layanan pembelian tiket secara online seperti Air Asia, Sriwijaya Air, Citilink, Garuda Indonesia dan Lion Air. dengan membeli tiket secara online, Anda berkesempatan untuk mendapatkan tiket promo pesawat dengan harga yang lebih murah.

Nah, bagi Anda yang belum terbiasa memesan tiket pesawat secara online, Anda tak perlu khawatir. Karena, memesan tiket secara online memang mudah dan juga sangat menguntungkan. Berikut ini caranya:

  • Memesan tiket pesawat secara online dengan cara apapun, pasti pertama kali yang harus Anda lakukan yaitu memilih bandara asal dan tujuan. Dalam hal ini, Anda jangan sampai lupa untuk memasukkan tanggal keberangkatan. Selain itu, pilih jenis penerbangan untuk berangkat saja atau untuk pulang pergi.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda bisa masukkan jumlah penumpang yang sesuai dengan kategori usia. Biasanya, kategori usia yang tersedia seperti dewasa, anak-anak, atau bayi. Pilih mata uang Rupiah (IDR) dan klik tombol “Cari Penerbangan”.
  • Selanjutnya, pilihlah penerbangan sesuai dengan waktu yang Anda inginkan. Jika sudah, pilih tarif tiket yang sesuai dengan budget yang anda miliki. Kemudian, untuk memproses pembelian tiket pesawat Anda klik tombol “Lanjutkan”.
  • Secara otomatis akan berpindah ke halaman Passenger Info, disini Anda bisa mengisi data pribadi Anda secara lengkap. untuk pemesanan tiket secara online ini, Anda bisa mendapatkan tawaran menarik. Anda juga bisa klik tombol “Lanjutkan” untuk menambah bagasi.
  • Di halaman selanjutnya berisi persetujuan asuransi. Centang di kotak yang tersedia untuk mendapatkan jaminan asuransi selama perjalanan. Setelah itu, pilih “Lanjutkan” jika memang Anda setuju untuk menggunakan asuransi yang tersedia.
  • Selanjutnya, pilihlah kursi di pesawat sesuai dengan keinginan Anda. Namun, untuk setiap letak kursinya ini memiliki biaya yang berbeda. Namun, jika Anda tidak berminat memilih kursi, langsung saja klik “Tidak Pilih Seat” dan langsung akan beralih ke halaman selanjutnya.
  • Jika sudah, Anda bisa langsung memilih metode pembayaran sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Perlu Anda ketahui bahwa setiap maskapai penerbangan menyediakan metode pembayaran yang berbeda-beda seperti kartu debit, kartu kredit, voucher, ATM, kantor pos, dan minimarket.
  • Setelah memilih metode pembayaran, selanjutnya klik “Lanjutkan”. Tunggu beberapa saat agar data yang sudah Anda isi diproses. Cetak bukti pemesanan tersebut untuk memudahkan Anda ketika membayar di ATM atau dengan metode pembayaran yang lainnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai daftar tiket promo pesawat serta maskapai yang ada di Indonesia. dengan berbagai maskapai yang tersedia saat ini, Anda bisa memilih sesuai dengan budget yang Anda miliki. Karena, setiap maskapai pastinya memiliki tariff tiket yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat.