Peran Dosen IPB dalam dunia pendidikan di Indonesia tidak bisa di remehkan lagi. Karena sudah banyak sekali penghargaan yang sudah di berikan kepada dosen-dosen IPB untuk sebuah karya yang sudah buatnya. Selain banyaknya karya yang di buatnya dosen IPB juga sering kali terjun ke lapangan untuk mengatasi persoalan di bidang pertanian, peternakan dan kelautan. Sehingga pada Academic Leader Award 2019 dosen IPB University berhasil mendapatkan sebuah penghargaan.

Dr Arif Satria salah satu dosen IPB  mendapatkan sebuah penghargaan Academic Leader Award  pada hari Selasa 1 Oktober kemarin di Hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta. Academic Leader Award diberikan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Penghargaan tersebut diberikan sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada dosen yang telah membuat sebuah karya inovasi dalam rangka pembangunan nasional. Dengan adanya penghargaan tersebut diharapkan ada banyak dosen yang mampu membuat berbagai inovasi. Dalam acara Academic Leader Award terdapat tiga buah kategori diantaranya adalah kategori dosen sebagai Academic Leader, kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai Pimpinan Perguruan Tinggi, dan kategori Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).

Prof Dr Slamet Budijanto, MAgr berhasil mendapatkan juara pertama dalam acara Academic Leader Award 2019 dengan kategori Dosen dibidang Teknologi. Prof Dr Slamet Budijanto, MAgr sekaligus Wakil Dekan Bidang Sumberdaya mendapatkan juara karena karyanya dalam bidang inovasi pengembangan vehicle diversifikasi pangan bersumber pangan lokal untuk penguatan kedaulatan pangan. “Ini bentuk perhargaan kepada para peneliti yang istiqamah. Itu kuncinya. Konsisten terus-menerus melakukannya, apapun kondisinya,” ungkap Prof Slamet Budijanto, MAgr

Dosen IPB lainnya yang mendapatkan penghargaan pada acara Academic Leader Award 2019 ialah Dr Illah Sailah yang meraih juara ke dua kategori Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi.

Terpilihnya kedua dosen IPB yang mendapatkan dalam acara Academic Leader Award 2019 maka membuktikan bahwa dosen IPB memiliki integritas yang sangat tinggi. Terutama dalam bidang karya inovasi dalam pembangunan nasional. Kedua karya tersebut tentunya mengharumkan nama IPB sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Selain prestasi yang di dapatkan oleh dosen IPB University tersebut dalam bidang ilmu pengetahuan. Dosen IPB University juga sering ada di tengah-tengah masyarakat dalam rangka membangun program dalam bidang pertanian, peternakan dan kelautan. Sudah ada banyak sekali program yang di jalankan oleh dosen IPB untuk masyarakat desa khasnya diantaranya ialah Sekolah Peternakan Rakyat (SPR), Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya), IPB Goes to Field, Kampung Konservasi.