by

Jenis-jenis Verb dan Masing-Masing Penggunaannya

-Pendidikan-14 views

Dalam mempelajari Bahasa Inggris verb merupakan materi dasar yang harus dipelajari terlebih dahulu. Sebab action verb adalah materi dasar yang mampu mempengaruhi keefektifan suatu kalimat dalam Bahasa Inggris. Hal ini terjadi karena hampir seluruh kalimat dalam Bahasa Inggris memiliki atau menggunakan verb tertentu.

Pada umumnya verb digunakan ketika ingin menyatakan suatu tindakan, pengalaman, keberadaan serta pengertian lainnya. Sebelum berlatih membuat kalimat, sebaiknya Anda memahami jenis-jenis verb terlebih dahulu agar tidak salah menempatkan verb.

Jenis-jenis Verb

Dalam Bahasa Indonesia verb digunakan sebagai kata kerja karena memiliki tujuan untuk menerangkan aktivitas dari subjek dalam sebuah kalimat. Fungsi verb dalam Bahasa Inggrispun juga sama dan bisa juga digunakan untuk menjelaskan suatu kondisi yang terjadi Untuk lebih memahaminya, simak jenis-jenis verb berikut ini :

  • Base Verb

Jenis ini merupakan kata kerja dasar serta tidak memiliki imbuhan atau akhiran apapun. Contohnya seperti : play, sit, run, talk, etc

  • Regular verb

Verb jenis ini merupakan sebuah kata kerja yang dapat mengalami perubahan bentuk secara teratur tergantung pada tenses kalimatnya. Biasanya verb ini memiliki ciri-ciri pada akhir katanya berimbuhan “ed” seperti : walked, accepted, cooked, etc

  • Irregular Verb

Irregular Verb merupakan kata kerja yang tidak memiliki keteraturan dalam kalimatnya dan biasanya bisa berubah-ubah tergantung bentuk penggunaannya yang terdiri dari verb 1, verb 2, verb . Atau bahkan tidak berubah sama sekali. Contohnya : verb 1 (come), verb 2 (came), verb 3 (come)

  • Transitive Verb

Jenis Verb ini merupakan kata kerja yang membutuhkan satu atau lebih objek yang digunakan secara bersamaan untuk memadukan suatu kalimat. Contoh kalimat :

  • She eat a sandwich (Dia makan sebuah roti lapis)
  • Father read the newspaper (Ayah membaca koran itu)
  • Intransitive Verb

Jenis verb ini harus berupa kata kerja aktif yang memiliki arti lengkap. Contoh kalimat :

  • Mayra lives in Kediri (Mayra tinggal di Kediri)

Selain membaca artikel sebaiknya Anda mengikuti les kursus Bahasa Inggris untuk mendalami lagi terkait jenis-jenis verb serta penggunaanya dalam kalimat. English First bisa membantu Anda mengatasi masalah Berbahasa Inggris Anda. Karena hanya di English First yang menyediakan beberapa macam program secara lengkap. Bagi Anda yang mungkin ingin belajar bahasa Inggris namun disibukkan oleh urusan dewasa, maka memilih program EF Adults adalah solusi terbaik. EF Adults ini memang disarankan untuk orang dewasa yang ingin belajar bahasa Inggris sesuai level tertentu. Tentunya dengan metode belajar yang menarik dan efektif, Anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan cepat. Yuk daftar EF Adults!