Dokter spesialis onkologi radiasi adalah salah satu dokter yang khusus menangani masalah pengobatan penyakit kanker dengan menggunakan metode selain melakukan operasi serta onkologi medis. Metode dengan menggunakan onkologi radiasi bertujuan untuk melakukan penyerangan dan membunuh sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia. Metode ini dilakukan dengan menggunakan radiasi yang sudah sesuai dengan dosis yang telah ditentukan serta dalam jangka waktu yang tertentu juga.

Terapi dengan metode onkologi radiasi juga terdiri dari beberapa metode yaitu dapat langsung membunuh sel kanker serta melakukan perubahan pada kromosom dan DNA sel dengan tujuan agar sel tidak dapat membelah diri yang nantinya akan menjadi pemicu tumbuhnya tumor. Konsultasi onkologi radiasi ini akan mempermudah dan memberikan kesempatan kepada pasien penderita kanker dengan dokter spesialis yang menangani masalah onkologi radiasi untuk dapat bertemu, melakukan diskusi sekaligus melakukan perencanaan pengobatan.

Berikut ini adalah cara konsultasi dengan dokter spesialis yang berhubungan dengan onkologi radiasi:

  1. Konsultasi ini biasanya akan dilakukan setelah seseorang telah di diagnosis menderita kanker. Terapi ini membutuhkan pasien serta pihak keluarga untuk melakukan konsultasi dengan tim spesialis onkologi radiasi. Untuk konsultasi pertama biasanya akan berlangsung selama 1 – 2 jam.
  2. Selanjutnya yaitu dokter akan memberikan pertanyaan pada pasien terkait dengan apakah sebelumnya sudah pernah menjalani operasi atau sedang menjalani kemoterapi. Informasi ini akan membantu dokter untuk lebih mudah dalam menentukan rencana pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien.
  3. Setelah itu akan dilakukan simulasi atau perencanaan radiasi. Biasanya proses radiasi ini akan diprogram di dalam komputer dengan tujuan agar dapat dibuka kembali setelah pasien selesai menjalani terapi. Dan biasanya proses ini juga terdiri dari beberapa langkah yaitu pasien akan berbaring di atas meja pengobatan. Dengan CT Scan dokter akan berusaha untuk melakukan identifikasi letak target sehingga akan mengurangi kerusakan yang ada pada bagian tubuh di sekitar tumor. Disini pasien akan dibantu oleh pembantu dokter spesialis sehingga posisi pasien tidak akan berubah selama proses radiasi.
  4. Setelah semua proses selesai dokter akan melakukan rencana pengobatan yang sudah disesuaikan dengan dosis dan biasanya butuh waktu 1 – 2 minggu. Setelah itu pasien akan mendapatkan informasi mengenai jadwal konsultasi serta instruksi selanjutnya.

Pengobatan dengan metode ontologi radiasi merupakan salah satu upaya atau langkah kesehatan yang dilakukan untuk mencegah dan memperlambat penyebaran virus kanker pada tubuh manusia. Namun ada beberapa hal penting yang juga harus Anda tahu, setiap pengobatan apapun yang dilakukan pasti akan ada efek sampingnya termasuk terapi onkologi radiasi ini. Jadi Anda tidak perlu kaget apabila terdapat reaksi dalam tubuh Anda setelah proses radiasi tersebut.

Kerusakan alat yang digunakan untuk keberlangsungan proses onkologi radiasi tersebut memang pernah terjadi dan tidak dapat dipungkiri. Dan hal ini sudah tentu akan berdampak pada semakin lamanya jangka pengobatan Anda. Maka dari itu, pasien dituntut untuk sabar dan biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Jadi sebelum melakukan konsultasi tersebut siapkan dana yang lebih.

Dokter spesialis onkologi radiasi saat ini sudah bisa dengan mudah Anda temukan dan jumpai di rumah sakit di Indonesia. Namun dalam memilih dokter spesialis tersebut Anda juga tidak boleh sembarangan. Pilihlah dokter yang sudah profesional dan berpengalaman untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal sehingga akan membuahkan hasil dari proses pengobatan tersebut.