Bicara tentang baju atasan wanita, dulu boleh dibilang blouse dan kemeja adalah pilihan utama ketika wanita ingin tampil sedikit formal. Namun saat ini, perkembangan pakaian atasan wanita dalam dunia fashion sangatlah pesat.

Banyak istilah baru yang terus bermunculan untuk masing-masing jenis pakaian atasan wanita dengan model yang kian beragam. Kalau anda tidak ingin dibilang kuno dan ketinggalan fashion, yuk kenali beberapa pakaian atasan wanita yang menguasai dunia fashion saat ini.

  • Empire Line

Empire Line adalah atasan yang memiliki garis pinggang tinggi, atau dulu lebih sering dikenal dengan model baby doll. Cutting pinggang ini biasanya terletak di bawah dada, memberikan efek ramping sekaligus feminine bagi siapapun yang mengenakannya.

  • Tunik

Tunik adalah sejenis kemeja dengan desain longgar, menutupi seluruh tubuh bagian atas, dan biasanya memiliki panjang hingga lutut. Atau setidaknya mendekati garis lutut.

Kalau dulu hanya dikenal sebagai salah satu model busana muslim, saat ini tunik bisa dipadankan dengan jeans, legging, hingga celana pendek.

  • Ruffled Top

Ciri khas ruffled top adalah penggunaan bahan bertumpuk di bagian tertentu, misalnya dada atau lengan. Selain mampu menyamarkan bagian tubuh tertentu, ruffled top juga mampu menciptakan kesan girly, feminine, sekaligus seksi ketika dikenakan.

  • Peplum Top

Peplum Top memiliki cutting yang menyempit di pinggang, kemudian melebar hingga ke pinggul. Model busana ini memberikan kesan ramping sekaligus chic, apalagi bila dipadankan dengan celana ataupun rok yang serasi serta sepatu model high heels.

  • Cross Over Top / Wrap Top

Cutting model ini menyerupai kimono atau bath rope, dimana satu sisi menyilang menutupi sisi lainnya. Cross over top / wrap top adalah model yang sangat tepat untuk anda yang memiliki bentuk tubuh berisi dan ingin terlihat lebih ramping.

  • Belted Top

Belted Top adalah jenis blouse yang sudah dilengkapi dengan aksesoris sejenis ikat pinggang. Mirip seperti cross over top/ wrap top, atasan ini juga memberikan kesan lebih ramping ketika dikenakan. Cukup padankan dengan skinny jeans, legging, ataupun pencil skirt, anda akan terlihat chic, fashionable, sekaligus professional.

  • Cropped Top

Cropped top memiliki garis pinggang yang tinggi dan memamerkan perut, sehingga tidak semua orang cukup percaya diri untuk mengenakannya. Namun ketika dipadupadankan dengan tepat, anda bisa terlihat elegan dan modern tanpa terkesan terlalu seksi.

  • Peasant Top

Model Peasant Top diadaptasi dari pakaian petani Eropa pada jaman dahulu. Sedikit mirip dengan desain bohemian, atasan dengan desain yang sedikit longgar ini sangat nyaman digunakan.

Penggunaan warna dan dominasi border yang ada pada peasant top bisa menciptakan kesan vintage sekaligus fashionable ketika dikenakan.

  • Kaftan

Sama halnya dengan tunik, kaftan dulu lebih dikenal sebagai busana muslim. Dengan modelnya yang nyaman dan serba longgar menyerupai jubah, peminat kaftan kini semakin luas. Selain mudah dipadupadankan, kaftan juga memberikan kesan casual sekaligus trendy bagi pemakainya.

  • Halter Top

Halter Top dikenakan dengan mengikatkan tali atau pita pada bagian belakang leher. Untuk tampilan lebih chic, ikat rambut anda dan pastikan aksen tali atau pita di leher ini terlihat.

Pilihlah pakaian atasan wanita yang paling sesuai dengan karakter anda. Jangan memaksa mengenakan sesuatu yang membuat anda merasa tidak nyaman. Karena ketika anda merasa percaya diri, maka energi positif itu akan memancar sehingga apapun yang anda kenakan akan terlihat lebih baik.