Tips Mengatur Keuangan dalam Kredit Mobil

Otomotif20 views

Saat ini, mobil bagi sebagian orang sudah merupakan sebuah kebutuhan sehingga membuat tawaran kredit mobil sangat menjamur dan mudah ditemui. Membeli mobil dengan kredit menjadi pilihan karena banyaknya keuntungan yang ditawarkan dari bank maupun leasing. Jika dibandingkan dengan pembelian secara tunai pada sejumlah dealer, customer lebih banyak memilih membeli menggunakan kredit.

Walaupun banyak keuntungan yang akan anda dapatkan, banyak pula hal yang harus anda pertimbangkan jika menggunakan kredit mobil. Mulai dari pemilihan mobil, pemilihan leasing yang terpercaya, hingga cicilan mobil yang harus sesuai dengan kemampuan finansial anda. Jika terjadi gagal bayar, banyak konsekuensi buruk yang akan anda hadapi, sehingga anda harus benar-benar matang memikirkan penggunaan kredit mobil.

Tetapi, semua dapat teratasi jika anda dapat mengatur keuangan dan menentukan cicilan yang sesuai. Jika anda sudah menentukan pilihan untuk membeli mobil dengan kredit, berikut tips mengatur keuangan dalam kredit mobil agar tidak memberatkan :

  • Pemilihan Mobil harus disesuaikan dengan budget dan kemampuan finansial

Tips pertama yang terpenting adalah anda harus menyesuaikan mobil pilihan anda dengan budget dan kemampuan finansial yang ada. Jangan hanya karena suka anda tidak memikirkan budget dan kemampuan finansial, sehingga akan membebani keuangan anda nantinya. Karena jika sudah memilih kredit mobil, anda memiliki kewajiban membayar angsuran setiap bulannya.

Pemilihan mobil ini dapat anda lakukan menggunakan fitur yang tersedia di platform kredit mobilyaitu SEVA. Yang mana jika anda menggunakan fitur Car Recommendation anda akan mendapatkan informasi mengenai detail perhitungan biaya awal hingga mobil yang anda inginkan tetapi tetap sesuai kemampuan finansial.

  • Lakukan simulasi kredit atau pembelian

Setelah mengetahui mobil dan leasing yang akan anda pilih, selanjutnya lakukan simulasi pembelian agar dapat membantu menyesuaikan kemampuan bayar. Dalam simulasi ini, anda dapat mengetahui besar uang muka, tenor atau lamanya cicilan, serta besaran cicilan yang akan anda bayar perbulannya. Simulasi ini dapat anda lakukan di platform SEVA yang memiliki fitur Kalkulator pembiayaan serta instant approval.

Pada fitur instant approval, anda dapat mengetahui besaran dan lama kredit mobil serta besar peluang pengajuan kreadit anda disetujui. Dalam fitur ini, anda hanya perlu memasukan merek serta tipe mobil yang diingikan dan informasi pendapatan serta usia. Setelah anda memasukan data yang diperlukan, akan muncul keterangan apakah pengajuan kredit anda mudah atau sulit, jika sulit SEVA.ID akan memberikan rekomendasi lain yang lebih mudah.

  • Buat Catatan Khusus untuk Pembayaran Cicilan Mobil

Agar keuangan anda tetap stabil, buatlah sebuah catatan anggaran berdasarkan kebutuhan bulanan. Anggaran bulanan yang dapat anda catat seperti biaya hidup, tabungan, hingga cicilan setiap bulannya. Dengan begini, keuangan anda dapat lebih terorganisir dan jelas.

  • Jangan Tunda Pembayaran Cicilan

Tips terakhir yaitu, jangan menunda pembayaran cicilan anda. Dengan tidak menunda membayar cicilan hidup dan keuangan anda dapat lebih tenang. Karena jika selalu menunda ditakutkan anggaran untuk cicilan dapat terpakai untuk kebutuhan lainnya. Sehingga dapat dikenakan denda dan menambah beban lainnya.

Empat tips mengatur keuangan dalam kredit mobil ini dapat anda terapkan agar keuangan anda dapat lebih terorganisir. Jika tertarik, anda dapat melakukan pembelian mobil baru melalui https://www.seva.id/mobil-baru yang merupakan platform dari PT Astra Auto Digital. SEVA hadir untuk memudahkan masyarakat membeli mobil dengan nyaman dan praktis secara finansial karena dilakukan melalui online.