by

Wajib Tahu, Sejarah Singkat Tentang Penemuan Pipa Saluran Air!

Siapa coba yang tak kenal dengan pipa? Benda berbentuk silinder yang acap digunakan untuk mengalirkan air bersih, kotor, limbah di rumah, perhotelan, industri, dan lain sebagainya. Biasanya, pipa dipasang dengan cara menyambungkannya dengan alat bernama fitting pipe atau dikenal pipa dengan sambungan pipa salah satunya sambungan pipa besi sehingga bisa mengalirkan air ke tempat yang lebih tinggi, rendah, bahkan jauh.

Sejarah Tentang Pipa Air

Berbicara tentang pipa, seperti dikutip dari website Rucika.co.id, bahwa siapa sangka, pipa sudah digunakan oleh masyarakat China sejak tahun 3000–2000 SM untuk keperluan irigasi pertanian. Di samping itu, penduduk Pakistan dan daerah bagian utara dari India yang juga dikenal dengan sebutan “Indus Valley” sangat termasyur dalam merangkai sistem permipaan pada tahun 2500 SM. Namun, pada saat itu mereka masih menggunakan kayu dan bambu sebagai pipa aliran air.

Bukan hanya itu saja, penduduk Mesir kuno pun tercatat berhasil mengalirkan air dari Sungai Nil ke lahan pertanian mereka. Dan, tahun 150 SM, penduduk Roma juga berhasil dalam membangun jaringan perpipaan untuk rumah-rumah penduduk sekaligus membuat air mancur indah di tengah kota.

Namun, seiring pesatnya kemajuan teknologi, pipa pun terus mengalami perkembangan. Di mana, yang awalnya masih memakai bambu dan kayu, tapi sekarang pipa terbuat dari berbagai jenis material yang sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti PVC (Polyvinyl Chloride), misalnya.

Sejarah Ditemukannya Jenis Pipa PVC

Untuk jenis pipa PVC ini, mulanya dikembangkan oleh seorang ahli kimia berkebangsaan Prancis bernama Henri Victor Regnault pada abad ke-19. Namun, sayangnya, material dari pipa satu terbilang masih keras dan kaku sehingga sulit untuk dibengkokkan sekalipun sudah melalui proses pembakaran. Namun, tahun 1920an silam, berkat terobosan B.F Goodrich Company, pipa pun akhirnya sedikit lebih lentur dan bisa dibengkokkan.

Negara pertama yang menggunakan pipa PVC ini sebagai saluran air adalah Jerman. Di mana, rumah penduduk, intansi pemerintahan, industri, dan sebagainya memakai PVC untuk saluran air mereka. Lantaran digunakan oleh negara Jerman ,akhirnya banyak penduduk dari negara lain yang juga turut memakai PVC untuk aliran air mereka. Setelah sukses di Jerman, Amerika Serikat pun mulai memperkenalkan pipa PVC pada masyarakat dunia tahun 1950an silam. Yang mana, untuk materialnya sendiri semakin lentur, tidak kaku, mudah dibengkokkan, dan lainnya.

Itulah dia sejarah singkat pipa saluran air. So, apakah kamu tahu dengan sejarahnya?

News Feed